Posted by : Welly Tuesday, June 3, 2014

Maskot Piala Dunia Brazil 2014 adalah binatang jenis tolypeutes tricinctus, armadillo yang hanya terdapat di Brazil. Ia kemudian secara resmi diberi nama Fuleco.

Nama Fuleco terpilih melalui pengumpulan suara yang dilakukan oleh Federasi Sepak Bola Dunia FIFA dan telah diumumkan pada 25 Nopember 2012 lalu.

Fuleco berasal dari bahasa Portugal. Futubol (sepak bola) yang digabung dengan Ecologia (ekologi). Nama ini berhasil mengumpulkan 48% dukungan peserta pemilihan.

Mengalahkan kedua kontestan yang masing-masing mengusulkan nama 'Amijubi' dan 'Zuzeco'. Fuleco yang menggabungkan sepak bola dengan perlindungan lingkungan dijadikan konsep pemikiran dalam penyelenggaraan Final Sepak bola Piala Dunia di Brazil 2014.

Binatang Armadillo digambarkan dalam bentuk kartun dengaan sisik kepala berwarna biru, wajah dan anggota badan berwarna kuning. Menggunakan T-shirt putih bertuliskan Brazil 2014 dengan celana olahraga hijau, mengingatkan orang pada bendera nasional Brazil.

Armadillo terlihat mirip trenggiling, adalah binatang yang hampir punah dan dilindungi oleh pemerintah Brazil. Binatang ini saat terancam akan melindungi diri dengan melipat badannya sedemikian rupa sehingga berbentuk bulat seperti bola sepak.

FIFA dalam situsnya menjelaskan bahwa Fuleco ini lahir di wilayah timur laut Brazil tepat pada 1 Januari 2000. Ia akan berusia 14 tahun saat Piala Dunia Brazil berlangsung. Ia gemar menari 'Tarian Armadillo' setelah mencetak gol untuk merayakan kegembiraannya. Idolanya dalam sepakbola yaitu si raja bola Pele dan Cristiano 'alien' Ronaldo.

Leave a Reply

Terima Kasih atas Komentar anda

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Regina Theyser - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -